Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada hotel Asida Batu

Main Author: TaufikAgusPrasetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103032/1/050701273.pdf
http://repository.ub.ac.id/103032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kualitas dari suatu produk atau jasa yang semakin mendapat perhatian. Masyarakat tidak sekedar membutuhkan jasa dari suatu badan usaha melainkan juga menginginkan mutu pelayanan yang semakin baik. Hotel Asida Batu merupakan salah satu hotel yang ikut meramaikan industri perhotelan di Batu. Hotel Asida Batu selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal dan berkualitas untuk dapat menciptakan dan mempertahankan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Asida Batu secara parsial dan simultan, serta mengidentifikasi dimensi kualitas jasa yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Hotel Asida Batu. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan yang menginap di Hotel Asida Batu, dengan sampel sebanyak 96 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling . Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji mulitikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji F terhadap kelima variabel penelitian yaitu Bukti fisik (X 1), Kehandalan (X2), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4) dan Empati (X5) menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Hotel Asida Batu. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Keandalan, Daya tanggap, dan variabel Empati secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Asida Batu, hasil uji t juga menunjukkan bahwa variabel Bukti Fisik dan variabel Jaminan adalah variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Asida Batu. Dan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Empati mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Asida Batu