Efektivitas pelaksanaan pemeriksaan PPh Orang Pribadi dalam meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Tulungagung
Main Author: | ErvinaKrisbianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102994/1/050703080.pdf http://repository.ub.ac.id/102994/ |
Daftar Isi:
- Hal ini dilatar belakangi dengan Undang-undang Pajak di Indonesia saat ini dalam melaksanakan pemungutan pajak dengan sistem self assesment. Hasil penghitungan efektivitas dari segi penyelesaian yang dihitung berdasarkan pada penerbitan dan realisasi Surat Perintah Pemeriksaan Pajak (SP3) yang selesai, dimana tahun 2004-2006 mempunyai tingkat efektivitas yang sama yaitu termasuk dalam kriteria efektif dengan prosentase 100 %. Hasil penghitungan efektivitas dari segi penyelesaian penerimaan atas hasil pemeriksaan yang dihitung berdasarkan target dan realisasi ketetapan pemeriksaan, dimana tahun 2005 mempunyai efektivitas sebesar 102,7 % yang termasuk dalam kriteria sangat efektif. Sedangkan tahun 2006 mempunyai efektivitas sebesar 106.1 % yang termasuk dalam kriteria sangat efektif. Karena adanya kerjasama yang kooperatif antara petugas pemeriksa dengan Wajib Pajak baik yang mempunyai penghasilan besar, menengah, dan kecil. Mereka memiliki tingkat kesadaran dan kepatuhan yang relatif tinggi mengenai kewajiban perpajakannya. Penyelesaian SP3 bisa berhasil karena KPP Tulungagung selalu bisa menyelesaikan SP3 dalam jangka waktu yang telah ditentukan yaitu satu tahun, makanya tidak ada penumpukan SP3 tahun sebelumnya yang harus diakumulasikan pada tahun berikutnya. Selain itu Wajib Pajak kooperatif dalam melaksanakan pemeriksaan pajak sehingga tidak ada kesulitan yang terlalu mengkhawatirkan pemeriksa. Itu berarti kinerja dari KPP Tulungagung sudah baik sekali karena bisa memenuhi target yang telah ditentukan, dan sebaiknya KPP Tulungagung bisa mempertahankan hal tersebut.