Variabel Eksternal dan Internal yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di PT. Singapore Donuts dan Bakery Malang studi kasus pada mahasiswa di Malang

Main Author: AndriSamodra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102990/1/050703073.pdf
http://repository.ub.ac.id/102990/
Daftar Isi:
  • Dari teori perilaku konsumen, terdapat tiga konsep, yaitu faktor-faktor perilaku konsumen eksternal, faktor-faktor perilaku konsumen internal dan konsep keputusan pembelian. Konsep perilaku konsumen eksternal, yaitu kelas sosial, kelompok referensi, keluarga dan konsep perilaku konsumen internal, yaitu motivasi, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Singapore Donuts dan Bakery Malang, yakni mahasiswa di Malang khusus bulan April 2007, yaitu sebesar 75 responden. Hipotesis I, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel perilaku konsumen eksternal, yakni kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3) dan variabel perilaku konsumen internal motivasi (X4) dan pengamatan (X5) secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian produk PT. Singapore Donuts dan Bakery Malang (Y). Dari hasil analisis dan interpretasi hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya bahwa baik secara simultan ada pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian tersebut sejalan dengan beberapa hasil tinjauan empiris (Aaker, 2001; Nurdin, 2002; Bailey, Nofsinger dan ONeill, 2003; Jaya, 2005). Hipotesis II, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel perilaku konsumen eksternal, yakni kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3) dan variabel perilaku konsumen internal motivasi (X4) dan pengamatan (X5) secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian produk PT. Singapore Donuts dan Bakery Malang (Y). Hasil penelitian tersebut sejalan dengan beberapa hasil tinjauan empiris (Aaker, 2001; Nurdin, 2002; Bailey, Nofsinger dan ONeill, 2003; Jaya, 2005). Hipotesis III, yang menyatakan bahwa variabel perilaku konsumen eksternal, yakni keluarga (X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk PT. Singapore Donuts dan Bakery Malang (Y). Dari hasil analisis dan interpretasi hipotesis III dapat dibuktikan kebenarannya bahwa variabel keluarga (X3) berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk PT. Singapore Donuts dan Bakery Malang. Hasil penelitian tersebut sejalan dengan beberapa hasil tinjauan empiris (Aaker, 2001 dan Nurdin, 2002).