Analisis Rasio Profitabilitas dan Economic Value Added (EVA) sebagai dasar penilaian kinerja Perusahaan Manufaktur sebelum dan sesudah Go Public di Bursa Efek Jakarta (BEJ)
Main Author: | NinaNurIndahEkaPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102956/1/050702772.pdf http://repository.ub.ac.id/102956/ |
Daftar Isi:
- Go public merupakan salah satu alternatif pendanaan yang bisa ditempuh perusahaan. Dengan perolehan dana dari go public modal kerja perusahaan meningkat dan diharapkan kinerja keuangan perusahaan menjadi lebih baik. Penelitian ini untuk mengetahui manfaat dari go public dengan melihat perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudahnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang melakukan go public dan mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan kinerja perusahaan antara sebelum dan sesudah go public. Alat ukur yang sering digunakan dalam menilai kinerja keuangan perusahaan adalah analisis rasio keuangan. Berkaitan dengan kebutuhan kinerja keuangan yang lebih komprehensif saat ini ada pendekatan baru yang dikenal sebagai economic value added (EVA). EVA adalah suatu konsep yang mengukur besar kecilnya nilai tambah yang diciptakan selama periode tertentu. Penilaian kinerja perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio profitabilitas yang meliputi Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE). Selain menggunakan rasio profitabilitas, kinerja perusahaan juga diukur dengan menggunakan EVA yang dinilai lebih mencerminkan nilai bisnis secara riil dengan nilai tambah yang dihasilkan perusahaan kepada investor. Studi empiris dilakukan pada 8 perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ) antara tahun 2001-2003 dengan periode penelitian yang digunakan adalah dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah go public. Objek penelitian diambil dari BEJ karena data yang ada sudah diaudit sebelumnya sehingga keakuratannya terjamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode analisis deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-test untuk menguji secara parsial variabel kinerja perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan manufaktur dengan rasio profitabilitas dan EVA adalah fluktuatif. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa NPM, ROI, ROE dan EVA tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan perusahaan manufaktur sebelum dan sesudah go public.