Analisis Layanan Pemerintah Bojonegoro melalui Sistem integrasi Aplikasi Pengaduan-Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (SIAP-LAPOR!) Dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat di Bidang Pertanian 2016

Main Author: Hafidz, Shobaqoel
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10292/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Pemerintah Bojonegoro melalui Sistem integrasi Aplikasi Pengaduan-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SIAP-LAPOR!) dalam Penyelesaian Laporan Masyarakat di Bidang Pertanian 2016. Penelitian ini menggunakan konsep New Public Service (NPS) menurut J.V Denhardt & R.B Denhardt sebagai pisau analisis untuk membahas penelitian ini. Konsep tersebut memiliki tujuh indikator, yaitu melayani masyarakat bukan pelanggan, mengutamakan kepentingan publik, lebih menghargai warga negara/masyarakat daripada kewirausahaan, berpikir strategis bertindak demokratis, menyadari bahwa akuntabilitas bukan sesuatu yang mudah, melayani daripada mengendalikan, serta menghargai orang bukan produktivitas semata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari pelayanan pemerintah dalam penyelesaian aduan atau laporan masyarakat di bidang pertanian sudah memenuhi keenam indikator NPS, yaitu melayani masyarakat bukan pelanggan, mengutamakan kepentingan publik, berpikir strategis dan bertindak demokratis, menyadari bahwa akuntabilitas bukan sesuatu yang mudah, lebih melayani daripada mengendalikan, serta menghargai orang bukan produktivitas semata. Sedangkan prinsip lebih menghargai warga negara/masyarakat daripada kewirasuhaan masih belum sesuai dengan penyelesaian dari pengaduan masyarakat yang diterima oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan pemenuhan bibit dan pupuk masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat petani sehingga memerlukan keterkaitan kewirausahaan untuk menyelesaikan masalah.