Studi pengembangan dan klasifikasi tanah pada lereng selatan Gunung Pucung Kecamatan Bumiaji, Kodya Batu

Main Author: Habib, Fahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102919/1/Copy_of_Pengaruh_Dimensi_Kualitas_Pelayanan_Terhadap_Kepuasan_Nasabah.pdf
http://repository.ub.ac.id/102919/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu ; bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empaty) terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kualitas pelayanan) terhadap variabel bebas (kepuasan nasabah) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Explanatory Research, digunakan untuk menguji ada tidaknya hubungan sebab akibat dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang terhadap kepuasan nasabah. Sampel yang diambil sebesar 100 responden sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sample Random Sampling, yaitu pengambilan sample dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah PT. Bank Rakyar Indonesia Cabang Kawi Malang secara acak. Dari hasil regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (kualitas pelayanan) yaitu variabel bukti fisik (X1), variabel keandalan (X2), variabel daya tanggap (X3), variabel jaminan (X4), dan variabel empati (X5)secara bersama-sama atau simultan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan nasabah (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan Nilai F hitung yang diperoleh sebesar 80,427 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,31. Dari hasil tersebut diketahui bahwa F hitung > F tabel, sehingga kepuasan yang diambil adalah menolak Ho dan menerima H1, dan juga dapat diketahui bahwa variabel jaminan (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dari besarnya nilai koefisien regresi variabel bebas yang mempunyai regresi paling besar (0,134) adalah variabel jaminan (X4), hal ini berarti setiap pertambahan X4 sebesar satu unit maka terjadi peningkatan nilai Y sebesar 14.3% dengan asumsi nilai X1,X2,X3. dan X5 konstan atau tetap. Sebagai salah satu bank terbesar dan tertua di Indonesia serta lebih berorientasi terhadap kredit kecil menengah maka sebaiknya PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kawi Malang lebih memperhatikan kualitas pelayanan karena kualitas dari kepuasan pelanggan agar kedepannya dapat bersaing dan berkembang di dunia perbankan yang semakin ketat.