Improving The Students’ Speaking Skills by Using Storytelling Pieces at SMA Negeri 1 Jombang
Main Author: | Santi, FirstySekar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102898/1/FIRSTY_SEKAR_SANTI_115110501111010_%28ARTIKEL%29_.pdf http://repository.ub.ac.id/102898/2/FIRSTY_SEKAR_SANTI_115110501111010_%28SKRIPSI%29.pdf http://repository.ub.ac.id/102898/ |
Daftar Isi:
- Selain itu, media visual seperti storytelling pieces mampu menstimulasi ketertarikan siswa dalam membuat sebuah teks naratif. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan untuk menemukan kosa kata yang tepat yang berpengaruh pada kelancaran mereka dalam menghasilkan ide selama berbicara dalam bahasa Inggris. Berdasarkan ada masalah yang ada, peneliti bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan storytelling pieces dalam berbicara teks naratif untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan Collaborative Classroom Action Research untuk desain penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes berbicara naratif siswa. Tes naratif berbicara adalah tentang bercerita tentang topik tertentu dengan menggunakan storytelling pieces sebagai media untuk menyampaikan cerita yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Jombang di semester I tahun akademik 2016/2017. Setiap siswa harus bercerita secara individual selama tes berlansung dan diberi lima hingga enam menit untuk menceritakan kembali di depan kelas. Ketika siswa bercerita di depan kelas, siswa menggunakan storytelling pieces sebagai media untuk menyampaikan cerita. Siswa memegang dua item dari storytelling pieces; karakter dari cerita di satu sisi dan item dari cerita di sisi lain saat bercerita. Langkah yang sama juga diterapkan ketika siswa menceritakan kembali bagian-bagian lain dari cerita sampai cerita selesai. Peneliti menemukan peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan storytelling pieces dalam berbicara teks naratif untuk siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Jombang. Hal ini terbukti dengan persentase siswa XI IPS 5 di SMA Negeri 1 Jombang yang lulus KKM (skor standar minimum 75). Dalam pre-test, 53.50% dari siswa lulus KKM dan 71,50% siswa lulus KKM dalam post-test. Para siswa menunjukkan respon positif dengan menunjukkan minat, antusiasme, dan motivasi mereka selama pelaksanaan penelitian. Hal itu diketahui dari lembar observasi, pedoman wawancara, dan kuesioner yang dilakukan selama penelitian. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan penggunaan storytelling pieces dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menyampaikan teks naratif berbicara. Ada beberapa saran untuk guru bahasa Inggris, siswa, dan peneliti selanjutnya berdasarkan hasil penelitian. Guru bahasa Inggris harus menyediakan berbagai media dalam mengajar kelas keterampilan berbicara. storytelling pieces sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan berbicara terutama untuk teks berbicara naratif. Siswa diharapkan bahwa mereka bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membuat naratif yang baik dalam teks naratif dari majalah Inggris, buku cerita bahasa Inggris, atau komik yang berisi gambar. Mudah-mudahan, peneliti selanjutnya dapat menggunakan storytelling pieces sebagai media dalam mengajar bahasa Inggris yang diterapkan dalam keterampilan lain seperti menulis, membaca, mendengarkan, atau bahkan terintegrasi.