A Study on English Extracurricular Program At SMAN 1 Ngunut Tulungagung
Main Author: | Kurnia, GaluhHeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102897/1/ARTIKEL_GALUH-125110507111025.pdf http://repository.ub.ac.id/102897/2/GALUH-125110507111025_fix..pdf http://repository.ub.ac.id/102897/ |
Daftar Isi:
- Penelitan ini terfokus pada aktifitas dan media yang digunakan dalam English Club di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan macam-macam kegiatan atau aktifitas belajar mengajar dan media belajar yang digunakan dalam English Club Peneliti menggunakan jenis deskriptif kualitatif dalam menyusun penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga instrument penelitian yaitu tabel pengamatan kelas, pedoman wawancara, dokumentasi. Peneliti melaksanakan observasi sebanyak 4 kali dan memilih 5 siswa untuk mengikuti wawancara berdasarkan rekomendasi dari guru. Peserta dari penelitian ini adalah guru dan siswa dari English Club Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di English Club menggunakan tiga macam kegiatan belajar dalam mengajar English Club. Tiga kegiatan tersebut adalah reading aloud, discussion: twenty questions, and self writings. selain itu, guru juga menggunakan media untuk menunjang aktifitas belajar mengajar. Media yang digunakan oleh guru antara lain audio, LCD Projector, power point slide. Pada bagian terakhir, peneliti memberikan beberapa saran untuk beberapa pihak. Saran pertama untuk guru bahasa Inggris dianjurkan agar lebih kreatif dan inofatif dalam mengajar khususnya dalam penggunaan media. Saran kedua ditujukan untuk siswa agar dapat lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris bukan hanya di luar kelas. Terakhir, peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan observasi lebih mendalam yang dapat dilakukan lebih dari empat kali. Selain itu, peneliti juga menyarankan untuk memberikan kuisioner kepada siswa yang berhubungan dengan anggapan mereka tentang ekstrakurikuler bahasa Inggris.