Improving Students’ Reading Comprehension of Recount Text by Using Student Team Achievement Division (STAD): a Classroom Action Research on The Eight-Grade Students of SMPN 2 Lumbang Pasuruan
Main Author: | Habiburrohim, AffanMas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102896/1/SKRIPSI_AFFAN_MAS_HABIBURROHIM.pdf http://repository.ub.ac.id/102896/2/ARTIKEL_AFFAN_MAS_HABIBURROHIM.pdf http://repository.ub.ac.id/102896/ |
Daftar Isi:
- Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, membaca merupakan satu dari empat kemampuan penting yang harus dipelajari siswa di sekolah menengah pertama. Dalam membaca, siswa harus mengerti isi dari teks recount dengan baik. Siswa kelas delapan di SMPN 2 Lumbang memiliki beberapa masalah untuk mengerti teks recount dengan baik. Berdasarkan hasil observasi siswa memiliki beberapa masalah dalam proses pembelajaran. Masalah tersebut adalah siswa merasa sulit untuk mempelajari tentang struktur kalimat dalam bentuk lampau pada teks recount. Selanjutnya, mereka kesulitan untuk menyusun struktur umum pada teks recount. Terakhir, siswa merasa bosan selama proses pengajaran dan pembelajaran. Dari masalah tersebut, peneliti mencoba untuk mengatasinya dengan menggunakan metode STAD untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam teks recount. Metode STAD terdiri dari lima komponen utama, yaitu presentasi kelas, kerja tim, quiz individu, peningkatan nilai, dan pengakuan tim. Penelitian ini telah dilakukan di SMPN 2 Lumbang terletak di Jl. Desa Watulumbung, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan. Ada 28 siswa kelas dalam pada tahun ajaran 2016/2017. Yang terdiri dari 7 laki-laki and 21 perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terlibat aktivitas antara guru dan siswa. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengabil data selama proses pengajaran dan pembelajaran adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini telah dilakukan dalam satu siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan tes di setiap pertemuan dan akhir siklus untuk mengukur hasil dan menunjukkan peningkatan pemahaman membaca dalam teks recount. Berdasarkan nilai siswa dalam studi pendahuluan, menunjukkan presentasi nilai dari 28 siswa di kelas 8A SMPN 2 Lumbang yang melampaui KKM adalah 2.50% atau hanya 7 siswa, sementara peningkatan nilai siswa meningkat signifikan pada tes akhir, mencapai 88% atau 24 siswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahawa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dalam teks recount pada kelas delapan SMPN 2 Lumbang. Disamping itu siswa dapat aktif pada aktivitas kooperatif dengan bermacammacam kemampuan. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti lain untuk lebih aktif dalam menggunakan metode STAD dalam pemahaman membaca, dan menggunakan metode STAD dalam bermacammacam kemampuan yang lainnya.