The Use of Mind Mapping Strategy in Improving the Eight Grade Students’ Writing Skill in Recount Text Achievement at SMP Negeri 1 Bangsalsari Jember

Main Author: Nazilah, NurwidyaAinun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102892/1/ARTIKEL_ILMIAH._NURWIDYA_AINUN_NAZILAH._125110501111005.pdf
http://repository.ub.ac.id/102892/2/SKRIPSI._NURWIDYA_AINUN_NAZILAH._125110501111005.pdf
http://repository.ub.ac.id/102892/
Daftar Isi:
  • Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam Bahasa Inggris yang paling sulit dikuasai oleh siswa selain berbicara. Apa yang membuat menulis menjadi sulit untuk dikuasai adalah proses panjang daripada menulis. Siswa harus memasuki tahap pre writing sebagai tahap pertama pada proses menulis. Pada tahap pre writing, siswa harus mengumpulkan ide yang akan mereka tuangkan dalam tulisan. Kebanyakan siswa menghadapi kesulitan dalam mengembangkan dan mengatur ide sebelum menulis sebuah teks. Oleh karena itu, strategi yang sesuai sangatlah diperlukan untuk mengatasi kesulitan siswa. Berdasarkan pada preliminary study yang telah dilaksanakan oleh peneliti dikelas kelas 8-G SMP N 1 Bangsalsari membuktikan bahwa sebagian besar siswa pada kelas tersebut menghadapi kesulitan dalam mengembakan dan mengatur ide ketika akan menulis teks recount. Terkait dengan masalah tersebut, peneliti menyarankan mind mapping strategy kepada guru Bahasa Inggris untuk digunakan sebagai strategi yang digunakan siswa pada tahap pre writing. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah “Bagaimana mind mapping strategy dapat meningkatkan nilai menulis siswa?” Peneliti menggunakan model kolaborasi penelitian tindakan kelas dengan menggunakan mind mapping strategy untuk meningkatkan nilai menulis siswa. Penelitian telah dilaksanakan dalam satu siklus yang berisi empat pertemuan. Nilai siswa telah meningkat pada siklus pertama penelitian. Selama melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan tes menulis, observasi, catatan lapangan serta kuesioner untuk memperoleh data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mind mapping strategy dapat meningkatkan nilai menulis teks recount siswa. Dari kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti dan guru bahwa setidaknya ada 65% dari siswa dapat mencapai KKM dalam Bahasa Inggris yakni 73. Hasil tes menulis pada siklus pertama menunjukkan bahwa 78.37% siswa dapat mencapai KKM setelah penggunaan mind mapping strategy sedangkan 13.5% siswa dapat mencapai KKM sebelum penggunaan mind mapping strategy.