The Implementation of English Instruction based on Curriculum 2013 at Indonesian Vocational High School: A Case Study at Tourism Services Program of SMK Negeri 2 Malang

Main Author: Rohmawati, Mawaddatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102891/1/MAWADDATUR_ROHMAWATI_125110501111018.pdf
http://repository.ub.ac.id/102891/
Daftar Isi:
  • Kurikulum berperan sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan karena kualitas pendidikan dapat menentukan bagaimana baiknya kurikulum tersebut dibuat dan diterapkan. Kurikulum terakhir yang digunakan oleh pendidikan di Indonesia adalah Kurikulum 2013. Sebagai salah satu kesatuan pendidikan, beberapa perubahan di proses belajar mengajar Bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan terjadi berdasarkan penerapan Kurikulum 2013. Namun, sehubungan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, materi Bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan sama. Jam pelajaran Bahasa Inggris juga dikurangi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus yang berusaha menggambarkan secara dalam penerapan mata pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 2 Malang. Subjek penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris dan siswa kelas X-1 jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Di dalam proses mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan validitas data yang diperoleh, proses triangulasi dilakukan dengan dengan menggunakan pemeriksaan silang (cross checked) terhadap semua data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan mata pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 sudah hampir memenuhi standart Kurikulum 2013 dari pemerintah. SMK Negeri 2 Malang menyediakan 2 kelas Bahasa Inggris, kelas regular dan kelas kejuruan. Pemilihan materi untuk Bahasa Inggris pada kelas kejuruan didasarkan pada silabus pengantar pariwisata. Penerapan pendekata ilmiah sebagai metode pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru menggunakan test tertulis dan tugas sebagai instrumen dari penilaian pengetahuan. Untuk penilaian kemampuan, guru menilainya dari kinerja siswa dan proyek. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru untuk meningkatkan dan mengevaluasi pengetahuannya tentang penerapan Kurikulum 2013. Untuk peneliti lain, peneliti menyarankan agar mereka dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi penelitian selanjutnya. Untuk pengelola sekolah, peneliti menyarankan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan penerapan mata pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 di sekolah menengah kejuruan untuk pengembangan Kurikulum 2013.