Pengaruh Usia dalam Pembelajaran Bahasa Prancis Pemula Melalui Pemahaman Morfologi Sintaksis Passé Composé

Main Author: Putra, GaluhPerdana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102883/1/Galuh_Perdana_Putra_Artikel.pdf
http://repository.ub.ac.id/102883/2/Galuh_Perdana_Putra_Skripsi_lengkap.pdf
http://repository.ub.ac.id/102883/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran di kelas, anak-anak lebih tua (7 s.d. 12 tahun) lebih baik daripada anak-anak lebih muda (di bawah 7 tahun) dalam pemahaman bahasa ke dua. Sehingga, kemampuan usia anak-anak telah diketahui secara spesifik berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, namun tidak pada usia dewasa (di atas 12 tahun). Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk menganalisis pengaruh usia secara spesifik pada manusia dewasa. Peneliti memunculkan hipotesis bahwa terdapat pola kemampuan yang sama pada manusia dewasa. Namun, masih terdapat subyek penelitian yang tidak linier dengan hasil tes, sehingga terdapat faktor-faktor lain yang dapat menembus usia dalam pembelajaran bahasa ke dua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) besarnya pengaruh usia terhadap kompetensi berbahasa; (2) mengetahui kondisi perbedaan kompetensi berbahasa pada setiap kategori usia: dan (3) mengetahui faktor-faktor lain yang dapat menembus faktor usia, sehingga berpengaruh pada hasil pembelajaran bahasa Prancis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan campuran. Peneliti mengolah data dengan menggunakan aplikasi SPSS 24 untuk menghitung pengaruh usia berdasarkan hasil tes morfosintaksis, setelah itu peneliti menganalisis Subyek Linier dan Subyek Tidak Linier. Peneliti melakukan wawancara kepada Subyek Tidak Linier untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menembus faktor usia. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, peneliti memberikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil 40 orang sebagai sampel dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa asing pada manusia dewasa. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa usia memiliki pengaruh positif yang signifikan sebesar 23,9% terhadap pemahaman bahasa Prancis. Selain itu ditemukan beberapa Subyek Tidak Linier positif dan negatif. Penelitian ini berhasil mengungkapkan faktor-faktor lain yang dapat menembus faktor usia, yaitu: (a) motivasi; (b) penyajian formal; (c) bahasa asing; dan (d) lingkungan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada pembelajar untuk meningkatkan motivasi diri dalam pembelajaran bahasa asing serta memanfaatkan lingkungan bahasa dengan baik. Sedangkan untuk pengajar diharapkan dapat membuat susana yang nyaman di dalam kelas dan tidak berbelit-belit dalam penyampaian materi.