Pengembangan Media Film Dokumenter Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Biografi Siswa Kelas VIII SMP
Main Author: | Arifin, Verawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102869/1/ARTIKEL.pdf http://repository.ub.ac.id/102869/2/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/102869/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang dilakukan tanggal 19 Januari 2016 di SMPN 1 Batu pada pembelajaran menyusun teks biografi menjadi permasalahan yang terjadi di kelas VIII. Keterampilan siswa dalam materi ini masih rendah. Oleh karena itu, dikembangkan media film dokumenter berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks biografi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Kurikulum 2013 dengan menggunakan KD 4.2 menyusun cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun tulisan. Film dokumenter merupakan film yang dibuat berdasarkan fakta, bukan fiksi, bukan pula memfiksikan fakta atau melakukan tipuan atau pemalsuan dari kejadian fakta yang terjadi, serta pola penting dalam film dokumenter menggambarkan permasalahan suatu kehidupan manusia. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Uji coba pada penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan, yaitu uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh sepuluh siswa kelas VIII SMP yang dipilih secara acak, dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Batu. Data penelitian ini berupa data angka dan deskripsi yang diperoleh dari wawancara dan angket kebutuhan guru dan siswa, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket siswa. Hasil secara keseluruhan analisis data penelitian dan pengembangan media film dokumenter berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran menyusun teks cerita biografi pada kelas VIII SMP meliputi 98% dari ahli media dengan kriteria sangat valid, 96% dari ahli materi dengan kriteria sangat valid, 92% dari praktisi dengan kriteria sangat valid, 92,57% dari hasil uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat valid, dan 90,32% dari hasil uji coba kelompok besar dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis data akhir semua penilaian menunjukkan kriteria sangat valid sehingga dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter berbasis multimedia interaktif sangat layak untuk dikembangkan. Untuk pengembangan selanjutnya film dokumenter berbasis multimedia interaktif siap untuk dikembangkan dalam skala yang lebih luas.