Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Anak Autis Dan Hiperaktif Dalam Novel Madogiwa No Totto-Chan(窓際のトットちゃん) Karya Tetsuko Kuroyanagi
Main Author: | Deria, HamidahDwiDesy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102859/1/Skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/102859/ |
Daftar Isi:
- Dalam sebuah kelompok belajar, tentunya ditemukan beragam karakter peserta didik. Keberadaan anak Autis dan Hiperaktif seringkali dianggap mengganggu kegiatan belajar. Mengingat pentingnya metode pembelajaran khusus bagi anak Autis dan Hiperaktif, peneliti mengadakan studi tentang metode pembelajaran Outdoor Learning dalam novel Madogiwa no Totto-chan karya Tetsuko Kuroyanagi yang menceritakan tentang kegiatan belajar di luar kelas pada masa Perang Dunia II di Jepang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas dua fokus penelitian yaitu 1) bagaimana penerapan metode pembelajaran outdoor learning terhadap anak Autis dan Hiperaktif dan 2) bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap anak Autis dan Hiperaktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teori yang peneliti gunakan sebagai acuan adalah 1) Teori Nurhadi mengenai model pembelajaran pendukung metode pembelajaran Outdoor Learning dan 2) Teori Suyadi mengenai pengaruh penerapan metode pembelajaran outdoor learning. Hasil studi menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap penerapan metode pembelajaran outdoor learning yaitu meliputi Pengembangan pola pikir, variasi terhadap metode pembelajaran, fungsi belajar juga berfungsi rekreatif, menambah wawasan peserta didik, pengembangan karakter dan kepribadian, meningkatnya motivasi belajar dan meningkatnya prestasi belajar.