Pengaruh Media Permainan Observe And Remember Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Terhadap Siswa Kelas X Lintas Minat Minor Sman 6 Malang Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Prabawa, IDewaGedeAgus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102816/1/Artikel_ilmiah_%28_I_Dw_Gd_Agus_Prabawa_-_125110600111034%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/102816/2/Skripsi_%28I_Dw_Gd_Agus_Prabawa_-125110600111034%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/102816/
Daftar Isi:
  • Kosakata adalah aspek mendasar untuk mahir menguasai bahasa Jepang. Pelajaran bahasa Jepang menjadi sulit ketika kosakata tidak mampu dikuasai dengan baik karena tidak ada media pembelajaran yang efektif. Masalah tersebut terjadi pada siswa kelas X lintas minat Minor SMA N 6 Malang sehingga peneliti akan mengujikan permainan Observe and remember. Pada penelitian ini, penulis akan meneliti tentang (1) Pengaruh media permainan Observe and remember dalam meningkatkan penguasaan kosakata (2) Motivasi siswa setelah mendapat treatment media permainan Observe and remember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa soal dan angket. Sumber data berupa hasil pemberian soal dan angket pada siswa kelas X Lintas `Minat Minor SMA N 6 Malang. Kemudian sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 25 orang. Hasil Penelitian (1) Media permainan mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada siswa dengan hasil rata-rata tes 83. (2) Media permainan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar kosakata dengan hasil 85,5%.