Analisis Dampak Pelatihan Kompetensi Hospitality Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Hasanah Guest House Malang)

Main Author: Aulia, Dian Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10278/
Daftar Isi:
  • Perkembangan pembangunan hotel di kota Malang meningkat selama enam tahun terakhir baik di hotel berbintang maupun hotel non bintang. Hasanah Guest House adalah cabang bisnis dari PT. Turen Indah yang bergerak di bidang akomodasi yang berada di kota Malang. Pelatihan kompetensi menjadi salah satu proses pengembangan karyawan untuk memperbaiki kinerja karyawan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini memakai suatu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan diperoleh dari kunci informans, observasi, dokumen serta dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulandata, reduksi data, penyajian data dan penarikan suatu kesimpulan. Hasil analisis penelitian ditemukan bahwa karyawan yang bekerja di Hasanah Guest House sebagian besar tidak menguasai kompetensi di bidang perhotelan pada awal bekerja karena sebagian karyawan tidak memiliki latar pendidikan di bidang perhotelan. Karyawan memerima pelatihan karyawan baru selama tiga bulan untuk mempelajari Standar Prosedur Operasional yang diterapkan. On the job training, berupa rotasi, namun Hasanah Guest House belum memaksimalkan metode on the job training. Karyawan yang telah menjalani pelatihan telah memperbaiki kinerjanya, tapi masih kurang teliti dalam menyelesaikan pekerjaan dan hal tersebut dibantu dengan kerja sama antar shift. Kinerja yang diniliai dari tingkat huniannya, karyawan pada Hasanah Buring dan Hasanah Soekarno Hatta telah baik, sedangkan pada Hasanah Sawojajar dan Hasanah De’Sapphire masih perlu ditingkatkan.