A Stylistic Analysis on Slogan of Printed Beverage Advertisement in Sloganpoint.com

Main Author: Ramadhan, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102766/1/THESIS_-_WAHYU_RAMADHAN_115110100111071_-_A_STYLISTIC_ANALYSIS_OF_SLOGAN_ON_PRINTED_BEVERAGE_ADVERTISEMENTS_IN_SLOGANSPOINTCOM.pdf
http://repository.ub.ac.id/102766/
Daftar Isi:
  • Stalistika dalam linguistik mengacu kepada identifikasi pola dalam pengunaan pidato dan tulisan. Tujuan dari analisis stalistika adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan unsur bahasa yang digunakan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 3 perangkat linguistik yaitu tingkat fonologi, tingkat sintaktik, dan tingkat semantik. Rumusan masalahnya adalah: Apa saja perangkat stalistika yang ditemukan dalam slogan iklan minuman di Sloganspoint.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis karena berhubungan dengan data bahasa dan komponennya. Penulis menggunakan Sloganspoint.com sebagai sumber data. Data yang digunakan adalah 20 slogan iklan minuman. Hasil dari analisis, menunjukkan bahwa ada 4 perangkat dalam tingkatan fonologi, yaitu: Aliterasi, Asonansi, Consonansi, Pengulangan. Dalam tingkatan sintaktik penulis menemukan 3 tipe, yaitu: Frasa nomina, Frasa verba, dan Kalimat. Dalam tingkatan semantik penulis menemukan 2 tipe, yaitu: Hiperbola dan personifikasi.penulis menyimpulkan bahwa penggunaan slogan dalam iklan adalah untuk menginformasikan puncak fitur produk secara singkat dan jelas. Untuk peneliti selanjutnya, penulis berharap bahwa peneliti selanjutnya dapat mengadakan terminology linguistic dengan bidang yang berbeda serta menggunakan studi objek yang berbeda pula, misalnnya teks pidato, novel, lirik, film, dsb.