Interferensi Fonologi Pada Pembelajar Bahasa Jepang Mahasiswa Baru Sastra Jepang Angkatan 2016 Universitas Brawijaya

Main Author: Susyanawati, Endah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102699/1/00.pdf
http://repository.ub.ac.id/102699/2/ARTIKEL_ILMIAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/102699/
Daftar Isi:
  • Seseorang yang baru mempelajari bahasa asing, dengan penguasaan B1 yang dikuasainya sejak awal berkomunikasi akan menyebabkan terjadinya interferensi dalam berbahasa asing dimana terjadinya kontak bahasa antara B1 bahasa Indonesia akan mempengaruhi pada B2/bahasa Jepang yang dipelajari. Penelitian ini dibatasi pada masalah interferensi perubahan bunyi/fonologi dengan maksud menjawab rumusan masalah pada tipe interferensi bunyi yang terjadi pada pembelajar bahasa Jepang mahasiswa baru angkatan 2016 di Universitas Brawijaya beserta faktor yang menyebabkannya. Metode penelitian menggunakan dekriptif kualitatif dengan data yang diteliti sebanyak 27 responden yang telah mewakili seluruh populasi dari tes fonetik yang telah dilakukan. Analisis Akustik dilakukan pada penelitian ini, yaitu dengan membandingkan hasil analisa spektogram pada responden dan dua native speaker. Hasil penelitian yang ditemukan, menujukkan 3 tipe interferensi fonologi yang yaitu terjadinya penggantian bunyi/subtitusi pada semua silabel kelas bunyi vokal. Under-deferensiasi/pengurangan fonem dan re-intepretasi pada pembedaan fonem terjadi pada kelas bunyi konsonan nasala /N/ hatsuon. Pada penekanan nada bunyi yang menjadi unsur suprasagmental fonologi bahasa Jepang tipe interferensi menujukkan under-deferensiasi pada pembedaan fonem yang ada. Adanya (1) kedwibahasaan yang dimiliki (2) terbiasanya komunikasi pada bahasa ibu/B1 bahasa Indonesia (3) kurangnya kebiasaan berbahasa Jepang (4) ketertarikan terhadap penguasaan bahasa Jepang menjadi faktor yang menyebabkan interferensi fonologi terjadi.