Strategi Belajar Pada Mahasiswa Yang Telah Lulus Jlpt N4 Tahun 2015 Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2013

Main Author: Kumala, NuvitaNur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102690/1/Nuvita_125110607111017.pdf
http://repository.ub.ac.id/102690/
Daftar Isi:
  • Mempelajari bahasa jepang tidak hanya mengejar nilai akademik saja, tetapi disarankan untuk mengikuti tes kemampuan bahasa Jepang yang disebut Nihongo Nouryokushiken atau dalam bahasa Inggrisnya Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Hampir dari setengah dari seluruh mahasiswa banyak yang memilih mengikuti tes JLPT N4 dan N3. Salah satu indikator keberhasilan tujuan proses pembelajaran benkyoukai di Universitas Brawijaya adalah ketika peserta didik dapat memahami konsep dan prinsip benkyoukai setelah mengikuti proses pembelajaran. Indikator tersebut diketahui setelah pendidik melakukan penilaian yang tepat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan mengenai Strategi Belajar Pada Mahasiswa Yang Telah Lulus JLPT N4 Tahun 2015 Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2013. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu dalam hal ini adalah mahasiswa angkatan 2013 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya Malang yang telah lulus tes JLPT N4 dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar yang meliputi strategi metakognitif, kognitif dan sosial afektif berpengaruh terhadap kelulusan JLPT N4, sedangkan dari ketiga variabel yaitu strategi metakognitif, kognitif dan sosial afektif setelah melakukan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa strategi kognitif adalah strategi yang paling berpengaruh terhadap kelulusan JLPT N4.