Efektivitas Media Permainan Karuta Terhadap Pembelajaran Kosakata Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari

Main Author: Sari, NurAyuPermata
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102615/1/skripsi_nur_ayu_permata_sari_125110600111037.pdf
http://repository.ub.ac.id/102615/
ctrlnum 102615
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/102615/</relation><title>Efektivitas Media Permainan Karuta Terhadap&#xD; Pembelajaran Kosakata Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari.</title><creator>Sari, NurAyuPermata</creator><subject>495.6 Japanese</subject><description>Dewasa ini, dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan formal, bahasa Jepang termasuk bahasa asing yang dipelajari pada tingkat SMA. Dalam mempelajari bahasa Jepang, hal yang perlu diperhatikan adalah penguasaan kosakata. Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional berbasis media cetak seperti buku pelajaran dapat menyebabkan suasana kelas menjadi membosankan dan terkesan pasif. Oleh sebab itu, penggunaan media pembelajaran berupa permainan karuta dapat digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas media permainan karuta dalam proses pembelajaran dan bagaimana respon siswa terhadap media permainan karuta. Tujuannya adalah untuk mengetahui keevektivitasan media permainan karuta dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media permainan karuta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian control group posttest only design. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui keefektivan media permaiana karuta dalam proses pembelajaran dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap media permaian karuta. Dengan sampel sebanyak 36 siswa kelas X. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan karuta terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media permainan karuta, yaitu dari rata-rata nilai UTS sebesar 67,14 menjadi 88,47. Selain itu, dapat dilihat dari hasil angket yang mencapai kriteria kuat yaitu sebesar 82,4%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah nilai posstest siswa kelas X MIA 5 mengalami peningkatan setelah diberikan media permainan karuta dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Jepang direspon sangat baik dan setuju.</description><date>2016-12-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/102615/1/skripsi_nur_ayu_permata_sari_125110600111037.pdf</identifier><identifier> Sari, NurAyuPermata (2016) Efektivitas Media Permainan Karuta Terhadap Pembelajaran Kosakata Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2016/696/051700073</relation><recordID>102615</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sari, NurAyuPermata
title Efektivitas Media Permainan Karuta Terhadap Pembelajaran Kosakata Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari
publishDate 2016
isbn 1251106001110
topic 495.6 Japanese
url http://repository.ub.ac.id/102615/1/skripsi_nur_ayu_permata_sari_125110600111037.pdf
http://repository.ub.ac.id/102615/
contents Dewasa ini, dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan formal, bahasa Jepang termasuk bahasa asing yang dipelajari pada tingkat SMA. Dalam mempelajari bahasa Jepang, hal yang perlu diperhatikan adalah penguasaan kosakata. Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional berbasis media cetak seperti buku pelajaran dapat menyebabkan suasana kelas menjadi membosankan dan terkesan pasif. Oleh sebab itu, penggunaan media pembelajaran berupa permainan karuta dapat digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas media permainan karuta dalam proses pembelajaran dan bagaimana respon siswa terhadap media permainan karuta. Tujuannya adalah untuk mengetahui keevektivitasan media permainan karuta dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media permainan karuta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian control group posttest only design. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui keefektivan media permaiana karuta dalam proses pembelajaran dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap media permaian karuta. Dengan sampel sebanyak 36 siswa kelas X. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan karuta terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media permainan karuta, yaitu dari rata-rata nilai UTS sebesar 67,14 menjadi 88,47. Selain itu, dapat dilihat dari hasil angket yang mencapai kriteria kuat yaitu sebesar 82,4%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah nilai posstest siswa kelas X MIA 5 mengalami peningkatan setelah diberikan media permainan karuta dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Jepang direspon sangat baik dan setuju.
id IOS4666.102615
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:41:30Z
last_indexed 2021-10-28T06:52:43Z
recordtype dc
_version_ 1751455916997214208
score 17.538404