Improving the Students’ Ability on Writing Narrative Text Using the Think-Talk-Write Strategy at SMP Ahmad Yani Batu

Main Author: Hariani, NikhlahDini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102613/1/NIKHLAH_DINI_H_SKRIPSI_FIB.pdf
http://repository.ub.ac.id/102613/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah pelaksanaan dari strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas dua SMP Ahmad Yani Batu. Peneliti mengaplikasikan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Ada beberapa prosedur dari strategi TTW. Pertama, siswa berpikir mengenai peristiwa dalam gambar berseri sebagai media secara individu. Kedua, mereka berbicara atau berdiskusi tentang topik tersebut dalam kelompok. Ketiga, mereka menulis kalimat-kalimat di setiap gambar berseri secara individu. Akhirnya, siswa merubahnya kedalam teks naratif. Untuk mengumpulkan dan menganalisa data, peneliti menggunakan empat instrumen yaitu lembar observasi, tes, pedoman wawancara, dan catatan lapang. Penelitian ini mempunyai dua kriteria keberhasilan, yaitu produk dan proses. Produk berkaitan dengan pencapaian siswa dan proses berkaitan dengan keterlibatan siswa. Hasil dari instrumen tersebut menunjukkan bahwa strategi TTW membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks naratif. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari siswa setidaknya mencapai nilai 75 sebagai nilai minimal (KKM) dan 75% dari siswa terlibat selama proses belajar dan mengajar menggunakan strategi TTW. Untuk kriteria pertama, hasil menunjukan peningkatan dari tes awal ke tes akhir. Hasil dari tes mengungkapkan bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari 0% siswa yang mencapai nilai KKM di tes awal menjadi 90% siswa di test akhir. Sementara itu, kriteria kedua tercapai karena 89% dari siswa terlibat secara aktif selama proses pembelajaran menggunakan strategi TTW. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi TTW berhasil untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif dan meningkatkan partisipasi siswa. Saran untuk guru bahasa Inggris dan peneliti lainnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi tambahan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.