Efektivitas Metode Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang “Tema Kehidupan Keluarga” Siswa Kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Main Author: | Saputri, YanaAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102570/1/yanaayusaputriskripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/102570/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain guru, siswa kurikulum dan lingkungan belajar. Proses pembelajaran di SMA Negeri 6 Malang belum maksimal. Motivasi dan minat siswa untuk belajar masih kurang. Siswa terkesan kurang aktif selama proses pembelajaran yang berdampak pada ketidak mampuan memahami materi yang disampaikan dan mengakibatkan hasil belajar bahasa Jepang menjadi rendah ≤ 80%. Siswa belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal sebesar 75, sehingga berdampak pada tidak tercapainya ketuntasan belajar. SAVI merupakan konsep belajar bagi siswa untuk bergerak secara fisik ketika belajar dengan memanfaatkan indera sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh atau pikiran terlibat dalam proses belajar. SAVI adalah sebuah metode yang terdiri atas 4 aspek yaitu : Somatis dengan bergerak, Auditori dengan mendengarkan, Visual dengan melihat, dan Intelektual dengan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang melalui penerapan metode Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI). Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai bahan kajian terhadap guru untuk menambah pengetahuan dalam upaya pemanfaatan pendekatan SAVI dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain One Grup Before After atau Pre-test and Post-test kontrol grup desain. Desain ini merupakan desain eksperimen yang dilakukan dengan pre-test sebelum perlakuan diberikan dan post-test sesudah perlakuan dilakukan. Dalam penelitian ini rancangan terdiri dari satu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap penelitian dan tahap penampilan hasil. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI BSBU . Data hasil analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara klasikal 80% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, dengan rata-rata sebelum perlakuan (pretest) 57,1% dan rata-rata sesudah perlakuan (posttest) 88,5% . Jadi rata-rata peningkatan nilai sebesar 36,35% . Hasil tanggapan siswa secara klasikal termasuk dalam kategori sangat kuat dengan presentase yang diperoleh sebesar 92,8%. Dan berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung yang diperoleh lebih besar daripada ttabel atau bisa ditulis thitung > ttabel = 8,987 > 2,681. vi Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ≥ 80% hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang memenuhi kriteria kelulusan maksimal yaitu 75. Aktivitas siswa meningkat, motivasi dan minat untuk belajar juga tinggi. Hasil tanggapan siswa dan guru menyatakan metode SAVI sangat baik diterapkan di SMA Negeri 6 Malang.