Penerapan Konsep Pembelajaran Humanistik Oleh Tokoh Clément Mathieu Dalam Film Les Choristes
Daftar Isi:
- Pendidikan dapat dimaknai secara berbeda oleh setiap orang tergantung perspektif atau teori yang dipegangnya. Untuk mewujudkan suasana belajar yang mendukung dalam proses pembelajaran diperlukan adanya kerja sama yang baik antara pendidik dan peserta didik. Seorang pendidik bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan peserta didik, maka sebaiknya kekerasan dalam pendidikan harus dihindari untuk terwujudnya kondisi atau suasana belajar yang mendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep pembelajaran humanistik dan peran guru yang baik yang dideskripsikan oleh tokoh Clément Mathieu dalam film Les Choristes dengan menggunakan teori belajar humanistik milik Carl Rogers (1950). Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa prinsip dan peran guru yang baik menurut teori belajar humanistik ditampilkan dengan baik pada beberapa adegan dalam film. Mendidik siswa tanpa kekerasan menghasilkan siswa yang berperilaku baik, dapat dipercaya, dan memiliki sikap yang positif terhadap belajar. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan objek material yang sama namun dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Sebagai contoh peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang pengaruh musik terhadap perilaku para siswa di Fond de L’Etang karena dalam film ini para siswa sangat menikmati dengan kehadiran Clément Mathieu dan musik yang diajarkan.