Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Autoflashplay pada Siswa Kelas VIII SMP
Main Author: | Wijayanto, DennyKresna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102328/1/bab_I%2Cii%2CIII%2CIV%2CV.pdf http://repository.ub.ac.id/102328/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran adalah salah satu alternatif yang digunakan untuk menunjang kebutuhan siswa dalam belajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar tidak maksimalnya penggunaan media pembelajaran menulis puisi yang diterapkan oleh guru, maka dikembangkan media pembelajaran berupa aplikasi autoflashplay untuk pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Plemahan dengan mempertimbangkan ketersediaan fasilitas sekolah serta kebutuhan siswa dan guru. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan, yaitu untuk menghasilkan produk pengembangan berupa aplikasi autoflashplay dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria kelayakan dari segi materi dan media. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan R2D2 yang terdiri atas tiga tahap pengantar, yaitu berulang, merefleksi, dan pengikutsertaan. Kemudian tahap hasil, yaitu melukiskan, mendesain dan mengembangkan, serta menyebarkan. Uji coba yang dilaksanakan satu tahap, yaitu uji coba lapangan. Data penelitian ini merupakan data angka dan deskripsi kalimat berdasarkan wawancara dan angket kepada ahli materi, ahli media, praktisi, dan siswa. Hasil analisis data pada tahap uji validitas produk I dari ahli materi diperoleh persentase 70%, ahli media 70%. Hasil analisis angket respon dengan melibatkan empat puluh siswa dalam satu kelas dan empat orang guru Bahasa Indonesia pada uji validitas II memperoleh persentase siswa 83.87% dan praktisi 93%. Sementara itu, hasil penyelidikan kooperatif dengan mempertimbangkan masukan dari guru dan siswa, serta uji validitas produk final dari ahli materi dan ahli media, memperoleh persentase untuk media sebesar 95% dan materi 81%. Hasil akhir validasi dan respon siswa menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran menulis puisi menggunakan media autoflashplay pada siswa kelas VIII SMP dinyatakan sangat berkualitas baik dari segi materi dan media, sehingga media autoflashplay dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP. Selanjutnya, media siap untuk dipublikasikan dan diujicobakan dalam skala yang lebih luas.