Efektivitas Media Gambar Terhadap Peningkatan Motivasi Membaca dalam Mata Kuliah Dokkai pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang 2015 Universitas Brawijaya
Main Author: | Sari, RindyPuspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102305/1/Rindy_39.pdf http://repository.ub.ac.id/102305/ |
Daftar Isi:
- Membaca merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat, tetapi di Indonesia sendiri motivasi membaca sangat rendah. Dalam perkuliahan pun motivasi membaca mahasiswa masih kurang khususnya pada mata kuliah Dokkai yang terdapat di program studi Pendidikan Bahasa Jepang. Banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan motivasi membaca. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar yang diterapkan pada pembelajaran Dokkai dan mengetahui motivasi mahasiswa setelah menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengetahui efektivitas media gambar dan angket untuk mengetahui motivasi membaca mahasiswa setelah menggunakan media gambar. Sampel penelitian berjumlah 28 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari nilai pretest sebesar 69,32 ke nilai posttest sebesar 84,79. Selisih rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 15,46. Selain itu berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,3729 > 2,051. Dari hasil perhitungan angket tentang motivasi membaca mahasiswa, diperoleh hasil presentase sebesar 81,09 dengan kriteria sangat kuat. Jadi kesimpulan yang bisa ditarik pada penelitian ini yaitu media gambar terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi membaca mahasiswa pendidikan bahasa Jepang 2015 dan mahasiswa lebih senang serta tertarik untuk membaca setelah digunakannya media gambar dalam pembelajaran Dokkai. Untuk penelitian selanjutnya disarankan melakukan penelitian menggunakan media gambar untuk meningkatkan motivasi membaca mahasiswa 3 nensei atau mahasiswa semester 6.