Daftar Isi:
  • Kesulitan yang dirasakan oleh siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang dalam membedakan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam menulis teks eksplanasi serta menuangkan ide dalam menulis teks eksplanasi. Penyebabnya guru hanya melakukan metode ceramah tanpa ada variasi dalam proses pembelajaran dan siswa hanya berpacu pada guru. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam menulis teks eksplanasi melalui metode NHT (Numbered Head Together) (2) mengetahui peningkatan kemampuan menemukan kalimat penjelas dalam menulis teks eksplanasi melalui metode NHT (Numbered Head Together)(3) mengetahui peningkatan kemampuan menuangkan ide dalam menulis teks eksplanasi melalui metode NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menemukan kalimat utama, menemukan kalimat penjelas, dan menungkan ide dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MM2 SMK Negeri 12 Malang.