Daftar Isi:
  • Penelitian ini meneliti tentang keefektifan Modul Moji Daini dalam menunjang mata kuliah bunpou daini. Keefektifan tersebut ditinjau dari dua cara yaitu analisis kualitas modul dan nilai hasil belajar. Nilai hasil belajar yang digunakan adalah nilai UTS bunpou daini. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kualitas Modul Moji Daini, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menghitung nilai UTS bunpou daini. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pemelajar bunpou daini angkatan 2015 yang berjumlah 58 mahasiswa. Hasil penelitian tentang keefektifan Modul Moji Daini dalam menunjang mata kuliah bunpou daini ditinjau dari kualitas modul menunjukkan bahwa Modul Moji Daini memiliki kualitas yang cukup namun perlu adanya perbaikan. Sedangkan jika ditinjau dari nilai UTS bunpou daini menunjukkan dari 58 mahasiswa terdapat 19 mahasiswa memiliki nilai A dengan rentang nilai 81-100, 3 mahasiswa memiliki nilai B+ dengan rentang nilai 76-80, 2 mahasiswa memiliki nilai B dengan rentang nilai 70-75, 4 mahasiswa memiliki nilai C+ dengan rentang nilai 61-69, 4 mahasiswa memiliki nilai C dengan rentang nilai 56-60, 6 mahasiswa memiliki nilai D+ dengan rentang nilai 51-55, 2 mahasiswa memiliki nilai D dengan rentang nilai 45-50 dan 18 mahasiswa memiliki nilai E dengan rentang nilai 0-44. Jadi dapat dikatakan Modul Moji Daini efektif dan menunjang mata kuliah bunpou daini. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menganalisis Modul Moji Daini dari segi penerapannya pada pembelajaran.