Daftar Isi:
  • Anak berusia 12 tahun seharusnya menjalankan tugas-tugas perkembangan sesuai dengan usianya, yaitu menempuh pendidikan formal, memiliki teman sebaya dan lain lain. Namun, pada film Nobody Knows yang terlihat justru sebaliknya, Akira hanya melakukan beberapa tugas perkembangan yang sesuai dengan usianya dan lebih banyak mendahului tugas perkembangan di usianya. Hal tersebut terjadi karena ibu Akira melimpahkan tanggung jawab sepenuhnya pada Akira ketika ibunya tak berada di rumah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis meneliti pergeseran tugas perkembangan anak usia 12 tahun yang dialami oleh tokoh Akira dalam film Nobody Knows karya Hirokazu Koreeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pergeseran tugas perkembangan tokoh Akira dalam film Nobody Knows. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis sumber data yakni film Nobody Knows karya Hirokazu Koreeda dengan menggunakan teori tugas perkembangan milik Elizabeth B. Hurlock kemudian untuk mempermudah menganalisis tokoh dalam sebuah film digunakan teori penokohan dan mise en scène. Kemudian menggunakan metode deskriptif analisis sebagai langkah-langkah untuk memecahkan masalah dalam skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Nobody Knows terdapat pergeseran tugas perkembangan yang dialami oleh tokoh Akira. Pada usia 12 tahun, Akira mengalami pergeseran tugas perkembangan anak, yaitu mencari pekerjaan untuk menyambung hidup, mengasuh dan menjaga adik-adiknya serta mengelola rumah tangga.