Analisis Strategi Bauran Pemasaran Internasional Produk Baju Busana Muslim (Studi pada PT. Vauza Tamma Abadi)
Main Author: | Passileva, Ralitza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10211/ |
Daftar Isi:
- Strategi pemasaran berperan untuk menjaga pertumbuhan bisnis jangka panjang. Jika suatu perusahaan dapat memasarkan produknya hingga kancah internasional, secara langsung perusahaan tersebut menyumbang devisa negara. Dalam memasuki pasar internasional, perusahaan harus memikirkan berbagai cara untuk memasuki suatu pasar tertentu. Perusahaan diharuskan merancang dan merencanakan sebuah strategi yang dapat menggambarkan jelas dan terarah mengenai apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan pada suatu pasar. Produk busana muslim merupakan salah satu industri yang sedang menjamur di pasar internasional. Indonesia merupakan peringkat kelima sebagai negara pengekspor busana muslim di pasar dunia. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk menjadi produsen baju busana muslim dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauran pemasaran internasional yang digunakan PT. Vauza Tamma Abadi, serta mengetahui pengembangan strategi pemasaran internasional pada PT. Vauza Tamma Abadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Vauza Tamma Abadi yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Vauza Tamma Abadi mengimplementasikan strategi bauran pemasaran dengan berbagai cara. Strategi produk yang mempertimbangkan faktor preferensi, biaya, hukum, dan peraturan, serta kompatibilitas. Strategi harga menggunakan metode penetapan harga penetrasi. Strategi distribusi menggunakan jasa pengiriman barang dalam mengirim produk ke negara tujuan. Strategi promosi menggunakan periklanan, personal selling, publisitas, serta promosi penjualan. Pengembangan strategi pemasaran internasional PT. Vauza Tamma Abadi masih mengalami beberapa hambatan yang berasal dari kuota produksi yang tidak besar, sumber daya yang tersedia tidak memadai, dan sistem manajemen perusahaan yang belum kuat. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan perlu bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu untuk mengembangkan strategi pemasaran internasionalnya.