Ketertarikan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Kartu Lipat (Ori Kaado) Dalam Pembelajaran Huruf Hiragana Bahasa Jepang Kepada Kelas X Peminatan 2 Sma Negeri 6 Malang

Main Author: Pratama, ArdhoWardian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/102017/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia pendidikan sangatlah pesat, hal ini dibuktikan adanya tambahan mata pelajaran bahasa asing yang di ajarkan, salah satunya adalah bahasa Jepang. Hal yang dipelajari mendasar dalam pembelajaan bahasa Jepang adalah dengan belajar menulis huruf hiragana. Untuk mempermudah pembelajaran menulis, diperlukan suatu media, yaitu kartu lipat Ori Kaado. Media Ori Kaado merupakan media baru, maka perlu diujicobakan untuk mengetahui ketertarikan pada media tersebut. Dari latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran kartu lipat (Ori Kaado) dalam belajar huruf hiragana bahasa Jepang, 2) Apa alasan siswa tertarik dengan media pembelajaran Ori Kaado dikaitkan dengan kelebihan Ori Kaado. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yakni untuk menghasilkan data deskriptif yang akan menjelaskan tentang ketertarikan siswa terhadap media kartu lipat Ori Kaado dan terdapat persentase data kuesioner dari setiap responden. Hasil penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan bahwa 20 siswa yang memilih tertarik sebanyak 17 responden dengan persentase 85%, siswa yang memilih cukup tertarik sebanyak 3 responden dengan persentase 15%, siswa yang memilih tidak tertarik bebanyak 0 responden dengan persentase 0%. Guru dan mahasiswa yang memilih tertarik sebanyak 3 responden dengan persentase 100%, dan yang memilih cukup tertarik dan tidak tertarik sebanyak 0 responden dengan presentase 0%. Alasan responden memilih tertarik adalah setiap lipatan terdapat urutan dan goresan huruf hiragana. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, media Ori Kaado bisa membuat siswa tertarik selama pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dilihat dari banyaknya responden yang memilih opsi tertarik lebih banyak daripada opsi cukup tertarik dan tidak tertarik. Alasan memilih tertarik adalah Ori Kaado mempunyai beberapa lipatan untuk mempermudah pembelajar. Saran untuk penelitian selanjutnya meneliti lanjutan tentang pengaruh media Ori Kaado terhadap hasil belajar siswa dalam penulisan huruf hiragana dan diharapkan untuk menggunakan media Ori Kaado untuk meneliti tentang efektivitas pembelajaran huruf hiragana.