The Strategy Applied By The English Teacher In Teaching Speaking For Seventh Grade In Junior High School 1 Kertosono
Main Author: | Husna, AyuNihayatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101982/ |
Daftar Isi:
- Sekarang ini belajar bahasa Inggris sudah menjadi tren. Sejak sekolah dasar, bahasa Inggris telah diperkenalkan untuk para siswa. Diharapkan bahwa para siswa mampu mencapai tujuan utama pembelajaran bahasa Inggris untuk komunikasi. Pada kenyataannya, para siswa masih mendapatkan banyak kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris seperti kekurangan kepercayaan diri dan motivasi. Kondisi ini adalah kegagalan dalam berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, teknik yang konstruktif, mudah dan menarik diperlukan dalam penerapan pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik berbicara dari Guru yang digunakan dalam empat sesi pertemuan termasuk materi yang digunakan tanggapan kinerja siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara dengan guru bahasa Inggris. Data tersebut akan dianalisa dengan menggunakan tiga prosedur: pengurangan data, tampilan data dan penggambaran kesimpulan. Penemuan dari hasil catatan lapang dan pedoman interview, penelitian ini ada 5 teknik yang diterapkan, diantaranya kerja kelompok, permainan peran, permainan bicara, presentasi, dan penilaian diri. Teknik tersebut mendapatkan respon positif dari siswa seperti antusiasme dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Teknik-teknik tersebut juga berhasil meningkatkan kinerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian, guru lebih memperhatikan semua siswa dan menjadi lebih kreatif untuk mengetahui teknik baru atau strategi yang mampu memotivasi kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka. Hal ini ditujukan untuk menghindari kebosanan siswa yang terjadi berulangkali.