Improving The Tenth Grade Students’ Writing Skill By Using Guiding Questions Technique And Direct Feedback At Ma Ibrahimy Walisongo Situbondo
Main Author: | Shodikin, Zainus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101975/ |
Daftar Isi:
- Di Indonesia, bahasa Inggris merupakan mata pelajaran pokok yang harus diajarkan dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat universitas. Menulis memiliki peranan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris karena menulis merupakan salah satu ‘productive skill’ yang membuat siswa mampu membuat bentuk tulisan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti, membuktikan bahwa hampir seluruh siswa kelas X-4 menemukan kesulitan dalam menulis. Mereka medapatkan kesulitan dalam tata bahasa dan menemukan ide untuk membuat teks recount. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan teknik mengajar bernama guiding questions dan direct feedback guna meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai desain penelitian, peneliti mengaplikasikan teknik guiding questions dan direct feedback untuk mengatasi masalah siswa dalam menguasai kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan beberapa perangkat diantaranya angket, panduan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapang. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Penelitian ini dianggap berhasil jika nilai rata-rata dari seluruh siswa di post-test meningkat 5 poin dari nilai rata-rata dari seluruh siswa di pre-test untuk tiap elemen, pengembangan ide dan penggunaan tata bahasa dalam menulis teks recount. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan setelah pengaplikasian teknik guiding questions dan direct feedback. Nilai rata-rata siswa meningkat 14,04 poin pada penggunaan tata bahasa dan nilai rata-rata siswa meningkat 21,95 poin. Berdasarkan hasil dari post-test tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik guiding questions dan direct feedback mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks recount. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, peneliti memberikan saran kepada guru agar memiliki beberapa teknik mengajar untuk membuat siswa tertarik dalam belajar bahasa inggris. Untuk peneliti di masa depan, disarankan untuk mengaplikasikan teknik guiding questions dan direct feedback pada subjek yang berbeda, keterampilan yang berbeda, dan jenis teks yang berbeda tergantung pada masalah yang dihadapi siswa.