Woman Stereotype In “In Style” Magazine Constructed Through Lexical Choice And Syntactical Structure
Main Author: | Diana, AddienaRyzka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101947/1/051501407_-_Addiena_Ryzka.pdf http://repository.ub.ac.id/101947/ |
Daftar Isi:
- Studi ini bertujuan untuk meneliti bagaimana wanita distereotip oleh iklan kecantikan pada majalah wanita “In Style”. Studi ini berfokus pada Semantic Analysis untuk mengungkap stereotip. Analisis ini berdasarkan teori pemilihan kata dan struktur sintaktikal. Teori ini menunjukkan bagaimana ideologi ‘cantik’ diproduksi dan direproduksi melalui iklan majalah wanita versi Indonesia. Penulis meneliti pemilihan kata dan struktur sintaktikal yang digunakan untuk mengkonstruksi wanita. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisis dokumen. Penelitian ini menemukan dua puluh Sembilan ungkapan iklan produk kecantikan yang termuat dalam majalah “In Style” edisi Oktober-November 2014. Penelitian ini mengungkap tiga konstruksi makna yang dimunculkan. Makna tersebut menganjurkan bahwa wanita distereotip-kan sebagai berikut: (1) wanita cantik adalah mereka yang memakai riasan, (2) wanita harus terlihat segar dan awet muda dan (3) wanita bisa menjadi cantik dengan cara yang mudah dan cepat”. Selain itu, majalah juga mempromosikan gaya hidup ideal serta memanipulasi pembaca melalui iklan. Penelitian ini juga mengungkapkan bagaimana produk kecantikan identik dengan kehidupan yang lebih baik. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk membahas lebih dalam dengan menggunakan studi kasus. Karena pentingnya menggunakan pandangan dari partisipan sebagai bagian dari masyarakat, mengingat Semantic berhubungan dengan Bahasa sebagai bentuk dari praktek sosial.