Analysis of Teaching Methods in an English as a Foreign Language (EFL) Context: A Case Study at Citra Berkat School
Daftar Isi:
- Saat ini Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi pada beberapa sekolah bilingual di Indonesia semisal Sekolah Citra Berkat. Mengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing tidaklah semudah mengajarkannya sebagai bahasa pertama ataupun bahasa kedua, karena para siswa tidak terbiasa memeperolehnya. Membutuhkan beberapa metode pengajaran untuk membantu anak-anak agar berhasil menggunakannya di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa metode pengajaran yang digunakan di Sekolah Citra Berkat dan efektivitas dari metode pengajaran di sekolah tersebut dari konteks EFL (English as Foreign Language). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris di Sekolah Citra Berkat. Data diambil dari hasil observasi berisi cara mengajar seorang guru pada beberapa kelas, sedangkan sampelnya dipilih secara purposive. Penulis menemukan bahwa terdapat dua macam metode pengajaran yang digunakan di Sekolah Citra Berkat, meliputi Suggestopedia dan Communicative Language Teaching. Hal ini terlihat dari beberapa indikator pada kedua metode pengajaran tersebut yang sudah diaplikasikan di Sekolah Citra Berkat. Terlebih, delapan dari sembilan prinsip metode pengajaran efektif yang diusung oleh Jun Li telah diaplikasikan. Hanya ada satu prinsip yang belum diaplikasikan yakni, membangun kemampuan membaca pada siswa. Ini berarti metode pengajaran yang digunakan di Sekolah Citra Berkat sudah efektif karena 90% prinsip/indikatornya telah dipenuhi. Bagi para peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisa dengan membandingkan beberapa guru yang mempunyai ciri khas berbeda. Dikarenakan guru adalah model bagi siswa saat di kelas, para guru sebaiknya meningkatkan kemampuan dalam Bahasa Inggris.