Speech Strategies Used by Steve Jobs in the Launching of iPhone 4.
Main Author: | Putra, AnggayuhAdityaBudiUtama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101924/1/PDF_Skripsi_-_Speech_Strategies_%28Anngayuh_Aditya_-_105110101.pdf http://repository.ub.ac.id/101924/ |
Daftar Isi:
- Berpidato adalah salah satu dari banyak cara untuk menyampaikan pesan kita. Peneliti menyusun tentang strategi berpidato yang digunakan oleh Steve Jobs pada saat peluncuran iPhone 4. Ada dua masalah yang harus diselesaikan dalam penelitian ini: (1) element dari pidato ajakan apa yang mengindikasikan pidato Steve Jobs pada saat peluncuran iPhone 4 (2) Strategi pidato apakah yang digunkan oleh Steve Jobs pada saat peluncuran iPhone 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative karena data ini lebih menggunakan kata-kata daripada angka. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah ucapan dari Steve Jobs selaku CEO dari Apple.inc. data telah dianalisa menggunakan teori Public Speaking dari Steven A. Beebe dan Susan J. Beebe (2005) Peneliti menemukan bahwa Steve Jobs menerapkan elemen-elemen yang ada dalam pidato ajakan. Elemen-elemen itu adalah attitudes dan beliefs. Beberapa strategi juga digunakan dalam pidatonya pada saat peluncuran iPhone 4 pada 2010. Strategi itu adalah Omission, Suspension, Rhetorical Question dan Repetition. Penggunaan strategi itu digunakan untuk menarik perhatian para peserta untuk membeli produknya. Peneliti berharap untuk peneliti berikutnya dapat menyusun dan memperluas penelitiannya dengan mempertajam element yang ada dalam pidato persuasive. Pidato termasuk didalam komunikasi, jadi kita harus menggali lebih dalam tentang bermacam-macam strategi pidato dan element dalam pidato ajakan apabila kita ingin membuat pidato yang selalu dikenang.