Enhancing Students’ Achievement In Writing Opinion Through Mind Mapping (A Classroom Action Research At Xi Grader Of Multimedia Class Of Smk Shalahuddin 2 Malang)

Main Author: Nugraha, NurmansahWira
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101919/
Daftar Isi:
  • Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), setiap siswa kelas XI diharapkan dapat menguasai kemampuan menulis opini. Peneliti menemukan sebuah masalah dalam ranah menulis di kelas XI Multimedia SMK Shalahuddin 2 Malang. Dalam hal ini, siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide mereka dalam bentuk tulisan. Maka dari itu, peneliti membuat sebuah penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ranah menulis opini dengan menggunakan teknik mind mapping. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini telas dilaksanakan dalam satu siklus. Satu siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument penelitian seperti wawancara, lembar observasi dan catatan lapangan, dan tes dalam kegiatan menulis. Hasil penelitan yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran menulis opini dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam ranah tersebut. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan data hasil dari nilai rata-rata pada post-test dan nilai rata-rata sebelum pelaksanaan. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa naik dari 58,75 menjadi 75,8. Selain itu, jumlah siswa yang mampu meraih nilai KKM naik dari 25% atau 2 dari 8 siswa menjadi 81% atau 9 dari 11 siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini dapat mencapai criteria kesuksesan yang telah ditentukan. Peneliti berharap penelitian ini memberi kontribusi kepada siswa-siswa agar dapat meningkatkan kemampuan dalam ranah menulis opini mereka dan juga dapat membantu siswa-siswa dalam mengatasi kesulitan mereka. Di samping itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru atau pengurus sekolah sebagai teknik dalam mengajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Terakhir, peneliti berharap semoga penelitian ini dapat sebagai acuan baru kepada peneliti selanjutnya dalam mengembangkan penelitiannya khususnya dalam mengatasi masalah dalam kegiatan menulis opini di kelas.