Students’ And Teacher’s Perception On The Material And Media Used On English Subject At “Lintas Minat” Class Of Grade X In Sma Brawijaya Smart School Malang

Main Author: Nurdiana, AuliaRizki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101904/
Daftar Isi:
  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tujuan untuk bisa mengembangkan kemampuan siswa di bidang akademik terutama dalam bahasa Inggris.Untuk mengembangkan kemampuan akademik, pemerintah mencoba membuat program sebagai tempat untuk mengembangkan kemampuan mereka, salah satu program yang sedang diterapkan Departemen Pendidikan adalah program lintas minat.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pendapat siswa dan guru tentang pelaksanaan kelas bahasa Inggris di program lintas minat, khususnya materi dan media yang digunakan dalam program lintas minat kelas bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMA Brawijaya Smart School Malang. Subjek dari penelitian ini adalah dua kelas di program Lintas Minat kelas bahasa Inggris dari kelas X dan satu guru dari kelas tersebut. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Kuisioner digunakan untuk mengetahui persepsi siswa sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui persepsi guru. Dari hasil penelitian, beberapa siswa berpendapat bahwa materi dan media yang digunakan dalam Lintas Minat kelas bahasa Inggris bervariasi dan sangat menarik, sehingga dapat membantu dan menambah antusias siswa dalam belajar bahasa Inggris. Menurut persepsi guru, materi dan media yang digunakan dalam kelas Lintas Minat bahasa Inggris sudah cukup efektif untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris dengan baik. Dalam hal membantu melancarkan progam Lintas Minat kelas bahasa Inggris dibutuhkan perhatian dari sekolah untuk memberikan fasilitas kelas yang lebih baik dan memberikan banyak referensi untuk materi dan media kepada guru. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian yang serupa, untuk mengadakan lebih dari satu kali pertemuan supaya data yang diperoleh bervariasi dan lebih lengkap.