A Study On Code Switching Used By The English Teacher At Smp Negeri 13 Malang

Main Author: Tanjung, ErvinGemala
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101896/
Daftar Isi:
  • Proses ketika pembicara beralih dari satu kode ke kode yang lain selama percakapan dikenal sebagai alih kode. Alih kode juga dapat ditemukan dalam kelas bahasa asing. Hal ini digunakan baik oleh guru maupun siswa di dalam kelas. Fenomena alih kode dalam kelas bahasa asing seperti ini juga terjadi di SMP Negeri 13 Malang. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) informasi tentang jenis alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris (2) alasan guru bahasa Inggris dalam menggunakan alih kode. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di kelas VIII B dan C. Ada beberapa metode untuk mengumpulkan data, yaitu mengamati kegiatan kelas, merekam proses belajar mengajar dan wawancara. Data dikumpulkan dari 1 April 2015, sampai 30 April 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesimpulan, guru beralih kode dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Selain itu, alih kode ini terjadi dalam bentuk kata-kata, frase dan kalimat. Jenis alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris tersebut sesuai dengan terminologi seperti: (1) inter-sentential switching, (2) intra-sentential switching dan (3) eksternal code switching. Beberapa alasan yang mempengaruhi guru dalam penggunaan alih kode adalah: (1) menjadi empatik tentang sesuatu (mengungkapkan solidaritas), (2) kata seru (memasukkan pengisi kalimat atau konektor kalimat), (3) pengulangan digunakan untuk klarifikasi and (4) niat mengklarifikasi konten amanat untuk bicara.