Improving Students’ Writing Achievement In Descriptive Text Using Picture Cards For The Eighth Grades At Smp N 1 Batu
Main Author: | Fansuri, ArindaFausia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101880/ |
Daftar Isi:
- Menulis adalah salah satu ketrampilan bahasa yang harus dipelajari oleh siswa. Dengan menulis, siswa dapat menceritakan ide-ide, perasaan dan pengalaman mereka secara tertulis. Ketika siswa menulis, mereka harus mengetahui banyak kosa kata karena kosa kata sangat dibutuhkan ketika sedang menulis kalimat, sehingga ketika siswa menuliskan ceritanya, mereka bisa menulis dan menggabungkan kalimat mereka ke dalam paragraph yang baik. Berdasarkan hasil Preliminary Study yang telah dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa sebagian besar siswa kelas 8-I di SMP N 1 Batu menemui kesulitan dalam menulis teks deskripsi. Mereka kesulitan dalam menyampaikan ide-ide mereka ke dalam bentuk paragraph tertulis. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan strategi pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan picture cards sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana bisa picture cards meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif untuk kelas 8-I di SMP N 1 Batu tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, peneliti menerapkan picture cards untuk meningkatkan nilai menulis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus karena nilai siswa telah mencapai kriteria ketuntasan nilai. Pada saat melakukan penelitian, peneliti menggunakan instrumen tes tulis, lembar observasi, panduan wawancara, dan catatan lapangan. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari picture cards sebagai instruksional media dalam pengajaran menulis teks deskripsi bisa meningkatkan nilai siswa. Dari kriteria Ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti (75) atau setidaknya 75% siswa mencapai ketuntasan minimal, pada studi awal ada 7 (25%) siswa yang mendapatkan nilai sama dengan atau diatas rata-rata. Kemudian meningkat menjadi 24 siswa (89%) yang mencapai nilai sama dengan atau diatas 75 pada tes terakhir. Kesimpulan dari penelitian ini, diharapkan guru-guru bahasa Inggris bisa menggunakan picture cards sebagai media alternatif tidak hanya saat mengajarkan teks deskripsi tapi juga macam-macam teks lainnya. Dan untuk peneliti yang lain, hasil dari penelitian ini bisa digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang sama dengan berbagai macam aktivitas kelas.