Enhancing Students’ Speaking Performance By Utilizing Story Telling Technique With Picture Series
Main Author: | Pahlevi, AlifReza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101847/ |
Daftar Isi:
- Menguasai bahasa Inggris sangat diperlukan mengingat bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Selain itu, berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar juga diperlukan untuk siswa di Indonesia agar dapat berkomunikasi dengan orang lain dari negara lain demi memperkaya pengetahuan. Ada beberapa masalah yang berkaitan dengan kemampuan berbicara yang dihadapi oleh siswa non English speaking country. Beberapa siswa mengalami masalah dalam menuangkan ide yang mereka miliki. Domain juga merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh siswa. Kurangnya kosakata dan kurang kepercayaan diri juga merupakan masalah yang dihadapi oleh siswa di non English speaking country. Berdasarkan penelitian terdahulu yang dilaksanakan di SMA N 3 Bangkalan, beberapa masalah masih ditemukan terkait kemampuan bebicara siswa dalam bahasa Inggris. Terkait dengan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan story telling technique with picture series untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adalah “How can story telling technique with picture series can enhance students’ speaking achievement during the implementation of story telling technique with picture series in SMA N 3 Bangkalan”.dan “How can story telling technique with picture series improve students’ active participation during the implementation of story telling technique with picture series in SMA N 3 Bangkalan?” Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, peneliti menerapkan story telling technique with picture series untuk memecahkan masalah siswa dalam ketrampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Penelitian ini fokus pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan keaktifan siswa selama selama diskusi kelompok. Penelitian ini juga fokus pada pencapaian ketrampilan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa setelah story telling technique with picture series diterapkan. Dari dua kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yakni 80% siswa aktif selama proses pembelajaran dan diskusi kelompok belajar dan semua siswa mencapai nilai KKM (75), semua kriteria tersebut telah dicapai. Ini dibuktikan dengan data bahwa 82% dari siswa aktif dan sangat aktif selama proses pembelajaran dan 88% siswa aktif atau bahkan sangat aktif selama diskusi kelompok. Dengan demikian, kriteria pertama tercapai. Kriteria keberhsilan yang x kedua juga dicapai. 100% siswa lulus nilai standar minimal. Ada juga peningkatan nilai rata-rata siswa. Sebelum story telling technique with picture series diterapkan, nilai rata-rata siswa adalah 78.060. Sedangkan nilai rata-rata setelah story telling technique with picture series diterapkan meningkat menjadi 82.484. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa story telling technique with picture series berhasil meningkatkan kemampuan berbicara dan meningkatkan keaktifan siswa.. Story telling technique with picture series dianjurkan untuk dijadikan salah referensi alternatif dalam pelajaran bahasa Inggris khususnya pada kemampuan berbicara untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa.