A Study On Motivation On Learning English As Second Language Learning Of The Second Semester Students Of English Study Program Universitas Brawijaya

Main Author: Salim, Sarah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101842/
Daftar Isi:
  • Motivasi secara umum dapat didefinisikan sebagai keinginan seseorang untuk meraih tujuannya dalam mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa kedua. Studi ini fokus pada tingkatan nilai motivasi instrumen dan integrasi juga tipe motivasi yang paling dominan dari pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yang digunakan oleh mahasiswa semester dua program studi sastra Inggris. Studi permasalahan yang akan diselesaikan disini adalah: (1) tingkatan dari motivasi instrumen dan integrasi yang digunakan oleh mahasiswa semester dua program studi bahasa Inggris; (2) tipe motivasi yang paling dominan pada pembelaran bahasa inggris sebagai bahasa kedua yang digunakan oleh mahasisa semester dua program studi bahasa inggris. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan datanya berasal dari mahasiswa semester dua program studi bahasa Inggris. Untuk mengoleksi data, peneliti menggunakan kuisioner AMTB yang dibuat oleh Gardner (2004). Untuk menganalisa data tersebut, peneliti menggunakan teori tentang motivasi dari Gardner (1985). Dalam studi ini, peneliti menemukan bahwa motivasi integrasi berada di tingkat nilai tertinggi dan rata-rata nilainya adalah 5.22856 sedangkan motivasi instrument berada di tingkat nilai terendah dan rata-rata nilainya adalah 5.10476 dan jenis motivasi yang paling dominan dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa kedua adalah motivasi integrasi. Peneliti menyimpulkan bahwa motivasi integrasi dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai pembelajaran bahasa kedua berada di tingkatan nilai tertinggi dan motivasi instrument berada di tingkatan nilai terendah dan jenis motivasi yang paling dominan adalah motivasi integrasi karena dapat membuat mereka mudah berkomunikasi dengan mereka yang menggunakan bahasa Inggris. Harapan peneliti agar peneliti yang lain melakukan penelitian di kursus-kursus bahasa Inggris dan melakukan korelasi antara motivasi dan faktor-faktor lain untuk meraih keberhasilan dalam memepelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.