Correlation Between Morphological Awareness And Vocabulary Knowledge In The Third Year Students Of English Study Program Of Universitas Brawijaya

Main Author: Aufaa, AzkiAinulmai
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101837/
Daftar Isi:
  • Pemahaman morfologi merupakan salah satu dari sub-kategori pemahaman metalinguistik. Pemahaman morfologi mengarah pada kemampuan mendeskripsikan dan memanipulasi morfem dan struktur kata. Pemahaman morfologi dapat dihubungkan dengan beberapa subjek seperti pemahaman fonologi, pemahaman membaca dan kemahiran kosa kata. Dalam penelitian ini, penulis mengasosiasikan korelasi antara pemahaman morfologi dengan pengetahuan kosa kata. Terdapat tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui korelasi antara pemahaman morfologi dengan pengetahuan kosa kata; (2) untuk meneliti sejauh mana pemahaman morfologi dan pemahaman dari pengetahuan kosa kata pada mahasiswa; (3) untuk meneliti analisis item dari uji morfologi. Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini diadaptasi dari uji morfologi Maag (2007). Peserta dalam penelitian ini sejumlah 71 murid mahasiswa tahun ketiga, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Brawijaya. Maka, data penelitian ini diperolaeh dari hasil instrument yang diisi oleh para mahasiswa. Studi ini menunjukan bahwa terdapat korelasi antara pemahaman morfologi dengan pengatahuan kosa kata intensif. Namun, tidak ditemukan korelasi anatara pemahaman morfologi dengan pengetahuan kosa kata ekstensif. Selain itu, studi ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman morfologi dan pemahaman pengetahuan kosa kata mahasiswa tinggi. Studi ini juga menunjukan 17 kata atau 68% mendapatkan nilai rata-rata diatas 0.50 dimana kata-kata tersebut dianggap mudah oleh para mahasiswa. Sedangkan 8 kata atau 32% mendapatkan nilai rata-rata dibawah 0.50, dimana dianggap susah oleh para mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini, pemahaman morfologi memiliki peranan dalam perkembangan kosa kata. Selain itu, pemahaman morfologi dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap kosa kata. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan instrument yang berbeda untuk mengukur pemahaman morfologi. Penulis juga menyarankan pembelajar bahasa asing untuk mempelajari morfologi untuk membantu mereka dalam memahami kosa kata.