A Semiotic Analysis Of East Java Christian Church Logo
Main Author: | Kristanti, EvaYunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101836/ |
Daftar Isi:
- Pada zaman sekarang, logo bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat. Dengan dukungan teknologi apalagi, pembuatan logo dapat menjadi lebih kreatif dan mudah. Greja Kristen Jawi Wetan atau disingkat GKJW merupakan salah satu organisasi gereja yang memakai logo seagai identitas dan untuk menyampaikan pesan kepada jemaat gereja. Peneliti memiliki dua permasalahan dalam penelitian ini, yakni: (1) Apa tanda-tanda yang terdapat dalam logo Greja Kristen Jawi Wetan? dan (2) Apa interpretasi yang terkandung dalam logo Greja Kristen JawiWetan? Peneliti menganalisa penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penulis menginterpretasi makna secara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori Peirce (pada Chandler, 2007) tentang triadic model of signs; representamen, object dan interpretant. Dalam pengumpulan data juga dibutuhkan wawancara dengan sang informan, Bapak Hari Sudjlamo sebagaimana satusatunya orang yang telah menciptakan logo GKJW. Penelitian ini menunjukkan tujuh tanda yang dikategorikan sebagai modemode simbolik. Logo yang diteliti memiliki 6 ikon dan 1 simbol, antara lain, tanda awan, tanda joglo (rumah adat Jawa Timur), tanda merpati, tanda tiga api, simbol salib, tanda alkitab dan tanda relung (bulatan). Pada tanda-tanda tersebut dapat diidentifikasi bahwa setiap tanda memiliki makna-makna yang berbeda yang mana tanda-tanda tersebut digunakan untuk mewakili identitas GKJW serta untuk menyampaikan makna mendalam logo berkaitan dengan firman Tuhan terhadap jemaat. Dalam hasil penelitian ini, peneliti menemukan hubungan antara desain tanda-tanda tersebut dengan budaya Jawa pada logo GKJW. Untuk lebih lanjutnya, peneliti menyarankan agar peneliti-peneliti masa mendatang agar dapat menganalisa obyek yang berbeda seperti pada poster, baliho, brosur, terkhusus log-logo organisasi yang memiliki bentuk yang unik.