Pengaruh Teknik Edutainment Terhadap Hasil Belajar Menyusun Teks Diskusi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Malang

Main Author: Rohmah, Faizatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101831/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari latar belakang karena terdapat kesulitan siswa dalam mengembangkan kalimat dalam pembelajaran menyusun teks diskusi. Selain itu, suasana yang serius membuat siswa merasa jenuh di kelas. Tujuan penelitian ini untuk menguji teknik edutainment berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar menyusun teks diskusi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Malang. Ancangan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen murni yaitu untuk menguji ada dan tidaknya hipotesis perbedaan kelas yang diberi perlakuan, tidak semua persyaratan penelitian eksperimen dipenuhi dalam penelitian ini. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Alat yang digunakan untuk menguji data adalah IBM SPSS Statistics Version 20.00. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan penggunaan teknik edutainment pada pembelajaran menyusun teks diskusi mengalami pengaruh yang signifikan. Hasil perhitungan tes akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen menghasilkan nilai thitung (th) adalah -5,336 dengan df 66. Nilai thitung (th) tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel (ttb) pada taraf signifikansi 5% dan df 66. Skor ttabel (ttb) pada taraf sigifikansi 5% dan df 66 adalah -1,998. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung (th) lebih kecil dari nilai ttabel (ttb) (thitung: -5,336 < ttabel: -1,998). Hasil uji-t pada skor tes akhir menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan siswa menyusun teks diskusi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian, keadaan akhir kemampuan siswa dalam menyusun teks disksui kelas kontrol dan kelas eksperimen terjadi perbedaan yang signifikan. Perhitungan tersebut membuktikan teknik edutainment berpengaruh terhadap hasil belajar menyusun teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang.