Improving Students’ Speaking Skills By Using Jigsaw Strategy Of The Eight Grade In Smpn 10 Malang

Main Author: Huddin, Sholeh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101830/
Daftar Isi:
  • Komunikasi adalah hal yang penting bagi kita sebagai manusia, karena kita perlu berkomunikasi dengan orang lain. Menguasai bahasa Inggris adalah penting karena bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional. Selain itu, siswa di Indonesia harus berbahasa Inggris dengan lancar untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain dari negara lain. Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 10 Malang, beberapa masalah masih ditemukan pada kemampuan siswa dalam bahasa Inggris, terutama dalam berbicara. Terkait dengan fenomena ini, peneliti mengusulkan teknik pengajaran yang bernama jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Masalah penelitian yang diteliti melalui penelitian ini adalah Bagaimana strategi jigsaw meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan di SMPN 10 Malang? Dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas, peneliti menerapkan strategi jigsaw untuk memecahkan masalah siswa dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara siswa. Kesimpulannya, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa setelah pelaksanaan strategi jigsaw. Dari dua kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yang 70% dari siswa mencapai nilai standar (KKM) adalah 75. Hal itu ditemukan pada pertemuan kelima ketika peneliti menerapkan strategi jigsaw untuk mendapat skor berbicara siswa. Ada 78% dari siswa yang bisa mencapai nilai standar (KKM) sedangkan pada pertemuan kedua sebelum peneliti menerapkan strategi jigsaw untuk mendapat skor berbicara siswa hanya 61% siswa yang bisa mencapai nilai standar (KKM). Ada juga peningkatan nilai rata-rata siswa. Sebelum menerapkan strategi jigsaw, nilai rata-rata siswa adalah 68 dan itu membaik setelah strategi jigsaw diterapkan, nilai rata-rata siswa menjadi 76.