Efektivitas Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Xi Lintas Minat Sman 6 Malang
Main Author: | Nurjanah, FadhilaFitrie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101820/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kurang adanya keberanian siswa untuk berbicara bahasa Jepang didepan umum. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian Efektivitas Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah efektivitas dari metode talking stick dan pengaruh metode talking stick terhadap siswa. Pada penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen melalui tes akhir dan kelompok kontrol dan metode penelitiannya adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes dengan membandingkan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 70,00, nilai terendah siswa sebesar 62,25 dan nilai tertinggi siswa sebesar 81,25, maka berdasarkan klasifikasi tingkat penguasaan, kategori penguasaan keterampilan berbicara siswa tergolong baik. Nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 54,37, nilai terendah siswa sebesar 37,5 dan nilai tertinggi siswa sebesar 75 termasuk dalam kategori kurang. Perhitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel = 3,236 > 2,101. Hal ini bisa dikatakan bahwa metode talking stick efektif digunakan dalam pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Jepang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pengajar untuk menggunakan metode pembelajaran dalam mengukur kemampuan berbicara salah satunya adalah metode talking stick. Serta bagi peneliti selanjutnya untuk meminimalisir kekurangan dari metode talking stick agar hasil yang diperoleh maksimal.