Inovasi Layanan Perizinan Melalui SIPPADU (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu) (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo)
Main Author: | Sismadisar, Romi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10182/ |
Daftar Isi:
- Upaya inovasi yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo untuk mengatasi semua permasalahan yang terkait dengan perizinan adalah dengan menciptakan inovasi yang disebut SIPPADU (Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu). Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui dan menganalisis Inovasi SIPPADU (Sistem Informasi Pelayanan Terpadu ) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo serta mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Fokus penelitian ini mengacu pada tipologi inovasi menggunakan teori dari Muluk (2008: 44-45), fokus ini bertujuan untuk mengetahui inovasi SIPPADU berdasarkan jenisnya. Selain itu Fokus penelitian ada pada faktorfaktor yang mempengaruhi berupa aktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan inovasi layanan SIPPADU di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah model data interaktif dari Miles Huberman dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpuan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian pada penelitian ini adalah Kabupaten Sidoarjo dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo sebagai situs penelitian. Hasil penelitian ini mendeskripsikan inovasi layanan SIPPADU di DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo berdasarkan tipologi inovasi yaitu tipologi inovasi produk layanan, inovasi proses pelayanan, inovasi metode pelayanan, inovasi strategi kebijakan dan inovasi interaksi sistem. Selain itu ada faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi layanan SIPPADU yaitu faktor pendukung yang meliputi kepemimpinan organisasi, budaya inovasi, kualitas pegawai, tim kerja dan kemitraan dan kinerja organisasi serta faktor penghambat yang meliputi sikap dalam menghadapi perubahan dan hambatan administratif.