ctrlnum 101811
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101811/</relation><title>Latar Belakang dan Manifestasi Empati Anak Dengan&#xD; Teman Sebaya Pada Tokoh Mathieu Dalam Cerita Anak &#x201C;Mon Copain Bizarre&#x201D;.</title><creator>NoviaAriyanti</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Kesusastraan anak merupakan salah satu bagian dari dunia kesusastraan umum. Cerita anak berfungsi sebagai media pendidikan dan hiburan yang juga sebagai pengasah empati. Pemahaman terhadap berbagai watak dan konflik yang dialami tokoh fiksi dapat melatih tingkat kedewasaan anak melalui kepekaan anak dalam menjiwai konflik tokoh dalam cerita. Salah satu bentuk tingkat kedewasaan anak adalah sikap empatik. Sikap empatik ini merupakan kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang lain dan untuk mendengar serta siap menerima masukan apapun dengan sikap positif. Oleh karena itu, empati sangat penting untuk dikembangkan agar anak tumbuh menjadi manusia lebih baik. Pengembangan sikap empatik ini tidak hanya berawal dari keluarga, masyarakat atau media, tetapi juga dari bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang dan manifestasi sikap empatik tokoh Mathieu terhadap tokoh Brice dalam cerita anak Mon Copain Bizarre ditinjau dari perspektif psikologis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena data yang diperoleh dideskripsikan secara jelas dan mendetail tanpa adanya manipulasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori karakteristik kemampuan empati. Hasil analisis menunjukkan bahwa data yang terkumpul dalam bentuk monolog dan dialog hanya mempresentasikan dua dari tiga karakteristik kemampuan empati yang terdapat dalam tinjauan teori. Dua karakteristik kemampuan empati yang ditemukan dalam analisis tersebut adalah mampu menerima sudut pandang orang lain dan memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terhadap objek material yang sama, yaitu cerita anak Mon Copain Bizarre dengan menggunakan pendekatan psikologi perkembangan anak atau psikologi sosial.</description><date>2015-08-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/1/5_TTD_2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/2/7_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/3/8_KATA_PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/3/6_ABSTRAK_prancis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/4/9_DAFTAR_ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/5/10_BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/6/12_BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/7/11_BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/8/13_BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/9/14_BAB_V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/10/15_DAFTAR_PUSTAKA_SEMPRO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/11/16_CURRICULUM_VITAE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/12/17SINOPSIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/13/18_PERENCANAAN_BIMBINGAN_SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/14/DAFTAR_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/15/1_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/16/2_COVER_DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/17/3_PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101811/18/4_TTD.pdf</identifier><identifier> NoviaAriyanti (2015) Latar Belakang dan Manifestasi Empati Anak Dengan Teman Sebaya Pada Tokoh Mathieu Dalam Cerita Anak &#x201C;Mon Copain Bizarre&#x201D;. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2015/594/051506746</relation><recordID>101811</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NoviaAriyanti
title Latar Belakang dan Manifestasi Empati Anak Dengan Teman Sebaya Pada Tokoh Mathieu Dalam Cerita Anak “Mon Copain Bizarre”
publishDate 2015
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101811/1/5_TTD_2.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/2/7_ABSTRAK.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/3/8_KATA_PENGANTAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/3/6_ABSTRAK_prancis.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/4/9_DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/5/10_BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/6/12_BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/7/11_BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/8/13_BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/9/14_BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/10/15_DAFTAR_PUSTAKA_SEMPRO.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/11/16_CURRICULUM_VITAE.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/12/17SINOPSIS.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/13/18_PERENCANAAN_BIMBINGAN_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/14/DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/15/1_COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/16/2_COVER_DALAM.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/17/3_PERNYATAAN_KEASLIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/18/4_TTD.pdf
http://repository.ub.ac.id/101811/
contents Kesusastraan anak merupakan salah satu bagian dari dunia kesusastraan umum. Cerita anak berfungsi sebagai media pendidikan dan hiburan yang juga sebagai pengasah empati. Pemahaman terhadap berbagai watak dan konflik yang dialami tokoh fiksi dapat melatih tingkat kedewasaan anak melalui kepekaan anak dalam menjiwai konflik tokoh dalam cerita. Salah satu bentuk tingkat kedewasaan anak adalah sikap empatik. Sikap empatik ini merupakan kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang lain dan untuk mendengar serta siap menerima masukan apapun dengan sikap positif. Oleh karena itu, empati sangat penting untuk dikembangkan agar anak tumbuh menjadi manusia lebih baik. Pengembangan sikap empatik ini tidak hanya berawal dari keluarga, masyarakat atau media, tetapi juga dari bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang dan manifestasi sikap empatik tokoh Mathieu terhadap tokoh Brice dalam cerita anak Mon Copain Bizarre ditinjau dari perspektif psikologis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena data yang diperoleh dideskripsikan secara jelas dan mendetail tanpa adanya manipulasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori karakteristik kemampuan empati. Hasil analisis menunjukkan bahwa data yang terkumpul dalam bentuk monolog dan dialog hanya mempresentasikan dua dari tiga karakteristik kemampuan empati yang terdapat dalam tinjauan teori. Dua karakteristik kemampuan empati yang ditemukan dalam analisis tersebut adalah mampu menerima sudut pandang orang lain dan memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terhadap objek material yang sama, yaitu cerita anak Mon Copain Bizarre dengan menggunakan pendekatan psikologi perkembangan anak atau psikologi sosial.
id IOS4666.101811
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:40:39Z
last_indexed 2021-10-28T06:51:56Z
recordtype dc
_version_ 1751455924463075328
score 17.538404