Daftar Isi:
  • Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pembelajaran. Dalam penelitian ini tujuannya adalah (1) menghasilkan media komik elektronik sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk siswa kelas XI SMA, (2) menerapkan media komik elektronik sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk siswa kelas XI SMA, dan (3) mengetahui kelayakan hasil pengembangan media komik elektronik sebagai media pembelajaran menulis cerpen untuk siswa kelas XI SMA. Kemenarikan dilihat dari aspek tampilan. Kelayakan dilihat dari aspek materi. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Sugiyono. Model pengembangan ini terdapat empat tahap prosedur penelitian dan pegembangan, yakni (1) tahap persiapan produk, (2) tahap penyusunan produk, (3) tahap uji coba produk, dan (4) tahap publikasi produk. Uji coba produk dilakukan empat kali, yakni (1) uji ahli materi, (2) uji ahli media, (3) uji guru bahasa Indonesia, dan (4) uji siswa. Angket digunakan dalam uji coba produk media pembelajaran komik elektronik. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran komik elektronik layak dan dapat diimplementasikan. Hasil validasi: 96,53% dari ahli media dan 98,03% dari ahli materi. Dari hasil analisis validasi uji ahli, media pembelajaran dapat diujicobakan kepada guru dan siswa. Persentase hasil uji coba kepada praktisi adalah 88,69% dan 85% dari siswa. Media komik elektronik untuk pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMA yang menggunakan aplikasi Macromedia Flash ini disimpan dalam bentuk CD (Compact Disc). Berdasarkan hasil penelitian, media komik elektronik yang dihasilkan selain dapat digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri, media komik elektronik ini dapat digunakan guru mempresentasikan materi menulis cerpen di dalam kelas. Media pembelajaran ini memiliki keunggulan dari media pembelajaran yang lain, media pembelajaran ini memiliki tampilan komik elektronik lebih atraktif, variatif dan menarik serta memiliki kualitas gambar yang ditampilkan lebih bagus dan nyata. Media pembelajaran komik elektronik ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar dalam menulis cerpen. Selanjutnya, produk pengembangan dapat disebarluaskan melalui jurnal dan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia.