Pengaruh Teknik Catatan Pangkat terhadap Kemampuan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi Siswa Kelas VII MTs Negeri Langkapan, Srengat, Blitar

Main Author: Fatonah, Ni`matul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101720/1/Skripsi_Ni%27matul_Fatonah.pdf
http://repository.ub.ac.id/101720/
Daftar Isi:
  • Siswa kelas VII MTs N Langkapan, Srengat, Blitar mengalami kesulitan dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi. Kesulitan yang dialami siswa disebabkan teknik ceramah kurang cocok diterapkan dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Untuk memudahkan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi, diterapkan teknik catatan pangkat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta mengetahui perbedaan dan pengaruh penerapan teknik catatan pangkat terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa kelas VII MTs N Langkapan, Srengat, Blitar. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, ancangan eksperimen sungguhan, dan desain penelitian pretest-posttes control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Uji validitas yang digunakan meliputi validitas isi dan validitas butir soal continue. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh perbedaan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi. Pada kelompok kontrol terdapat 19% siswa memeroleh skor kategori rendah, 53% siswa memeroleh skor kategori sedang, dan 28% siswa memeroleh skor kategori tinggi. Pada kelompok eksperimen terdapat 16% siswa memeroleh skor kategori rendah, 56% siswa memeroleh skor kategori sedang, dan 28% siswa memerolah skor kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan perbandingan hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui besarnya th (thitung) kelompok kontrol sebesar -1,321. Hal ini menunjukkan th lebih besar dari ttb (ttabel) (th: -1,321> ttb: -2,042). Pada kelompok eksperimen besarnya th (thitung) sebesar -4,804. Hal ini menunjukkan th lebih kecil dari ttb (th: -4,804 < ttb: -2,042). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diterapkannya teknik catatan pangkat pada kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi.